WHY IS IT CALLED CORDUROY?

Cover Picture by themeister.co.uk

 

Corduroy diketahui telah diproduksi sejak abad ke 2 di sebuah kota di Mesir bernama Fustat. Pada saat kain ini pertama kali masuk ke Eropa pada abad ke 12, jenis kain ini dikenal dengan nama “Fustian”. Then, why it is called Corduroy now?

Kain jenis ini pertama kali mulai populer saat perdagangan kain di Eropa berkembang pesat pada abad ke 12 dan 14. Semakin besarnya permintaan, akhirnya imitasi dari fustian mulai diproduksi dalam skala besar melalui manufaktur-manufaktur yang ada London, Lancashire, Ireland, dan Norwich pada akhir abad ke-16.

 

Portrait of Corduroy’s Manufacture in Coronation Mill, United Kingdom, Source: themeister.co.uk

 

Kata Corduroy tercatat disitasi pada tahun 1774 oleh Oxford English Dictionary. Corduroy berasal dari serapan bahasa perancis “corde du roi” yang berarti “pakaian para raja”. Pada abad ke-17, keluarga kerajaan perancis dikenal dengan pakiannya yang terbuat dari sutra dengan bentuk fustian (cords). Kata Corduroy kemudian digunakan di Inggris sebagai awal branding untuk kain-kain dengan bentuk cords yang terbuat dari campuran linen dan katun. Penggunaan nama corduroy bertujuan untuk memberi image pada produk yang berkualitas, dan menciptakan identitas manufaktur katun inggris yang bernilai tinggi seperti perancis.

 

 

Wallace Reid (Left with the Cords), Kathlyn Williams, and Alfred Paget rustic outdoor scene, Source: wisconsinhistory.org

 

Manufaktur kain di perancis mempunyai reputasi yang tinggi di Inggris, bahkan hingga saat ini. Secara kebetulan, bahan dengan gaya Fustian(cords) yang diproduksi di perancis sejak awal 1900-an dinamai dengan nama bahasa inggris “king-cords” dari kata “corde du roi”.

 

Confused? We do too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *